KONTRIBUSI EFEKTIVITAS KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN NASABAH

Manajemen Pemasaran

Authors

  • Agustinus Philipus Peppy Fernandez STIE PASIM SUKABUMI

Keywords:

Kepercayaan nasabah

Abstract

Pada khususnya nasabah di Bank Danamon Cabang Sukabumi akan baik kepercayaannya jika kontribusi efektivitas komunikasi yang diberikan Bank Danamon Cabang Sukabumi baik. Berdasarkan pemikiran tersebut maka penulis tertarik untuk meneliti hubungan efektivitas komunikasi dengan kepercayaan nasabah pada Bank Danamon Cabang Sukabumi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metoda deskriptif asosiatif analitik yaitu menggambarkan fenomena yang terjadi pada saat penelitian, kemudian dianalisis dengan menghubungkan antara fenomena yang satu dengan yang lainnya. Populasi dari penelitian ini adalah jumlah seluruh nasabah Bank Danamon Cabang Sukabumi yang bertempat tinggal di Kecamatan Cikole sebanyak 1.200 orang, diambil sampel menggunakan teknik non probabilitas dengan judgement sampling dengan yaitu 120 nasabah yang dijadikan responden. Analisis data menggunakan analisis frekuensi dan analisis korelasi sehingga diperoleh hasil penelitian yaitu hubungan efektivitas komunikasi dengan kepercayaan nasabah pada Bank Bank Danamon Cabang Sukabumi ditunjukkan oleh besarnya nilai koefisien korelasi r = 0.551, nilai tersebut berada pada rentang 0.51-0.75 yang berarti memiliki hubungan yang cukup kuat, nilai hubungannya positif yang berarti bila efektivitas komunikasi semakin baik maka akan meningkatkan tingkat kepercayaan nasabah semakin meningkat.

Published

2020-07-02

Issue

Section

Articles