KONTRIBUSI EFEKTIVITAS KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN NASABAH
Manajemen pemasaran
Authors
Agustinus Philipus SE
STIE PASIM SUKABUMI
Keywords:
Efektifitas, Kepercayaan Konsumen
Abstract
Pada khususnya nasabah di Bank Danamon Cabang Sukabumi akan baik kepercayaannya jika
kontribusi efektivitas komunikasi yang diberikan Bank Danamon Cabang Sukabumi baik.
Berdasarkan pemikiran tersebut maka penulis tertarik untuk meneliti hubungan efektivitas
komunikasi dengan kepercayaan nasabah pada Bank Danamon Cabang Sukabumi. Penelitian
ini dilakukan dengan menggunakan metoda deskriptif asosiatif analitik yaitu menggambarkan
fenomena yang terjadi pada saat penelitian, kemudian dianalisis dengan menghubungkan antara
fenomena yang satu dengan yang lainnya. Populasi dari penelitian ini adalah jumlah seluruh
nasabah Bank Danamon Cabang Sukabumi yang bertempat tinggal di Kecamatan Cikole
sebanyak 1.200 orang, diambil sampel menggunakan teknik non probabilitas dengan judgement
sampling dengan yaitu 120 nasabah yang dijadikan responden. Analisis data menggunakan
analisis frekuensi dan analisis korelasi sehingga diperoleh hasil penelitian yaitu hubungan
efektivitas komunikasi dengan kepercayaan nasabah pada Bank Bank Danamon Cabang
Sukabumi ditunjukkan oleh besarnya nilai koefisien korelasi r = 0.551, nilai tersebut berada
pada rentang 0.51-0.75 yang berarti memiliki hubungan yang cukup kuat, nilai hubungannya
positif yang berarti bila efektivitas komunikasi semakin baik maka akan meningkatkan tingkat
kepercayaan nasabah semakin meningkat.