ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA BENGKEL PT. HONDA PERDANA SUKABUMI
Manajemen pemasaran
Authors
ENDANG SE
STIE PASIM SUKABUMI
Keywords:
Kualitas Pelayanan,, Kepuasan Pelanggan.
Abstract
Pada era bisnis saat ini, persaingan dalam dunia bisnis semakin bertambah ketat ini menuntut ara pelaku bisnis untuk
mampu memaksimalkan kinerja perusahaanya agar dapat bersaing di pasar. salah satu faktor yang membuat pelanggan
puas adalah kualitas jasa. Kualitas jasa ini mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelaggan. Produk yang berkualitas
rendah akan menanggung resiko pelanggan tidak setia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh
kualitas pelayanan tehadap kepuasan pelanggan pada Bengkel PT. Honda Perdana Sukabumi. Populasi dalam
penelitian ini seluruh karyawan Bengkel PT. Honda Perdana Sukabumi. Penentuan sampel dalam penelitian ini
menggunakan Total Sampling. Dengan memperhatikan waktu, tenaga, dan biaya maka peneliti menetapkan dari 25
orang sebagai subjek atau responden dan ditemukan sebesar 25 responden. Secara bersama-sama variabel Reliability
(kehandalan) (X1), Responsiveness (Daya tangkap) (X2), Assurance (jaminan) (X3), Emphaty (empati) (X4), Tangibles
(bentuk fisik) (X5) berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y). Secara parsial Variabel
Reliability (kehandalan) (X1) berpengaruh signifikan positif terhadap variabel kepuasan pelanggan bila variabel lain
tetap nilainya. Variabel Responsiveness (Daya tangkap) (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel
kepuasan pelanggan bila variabel lain tetap nilainya. Variabel Assurance (jaminan) (X3), secara parsial berpengaruh
signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan bila variabel lain tetap nilainya. Variabel Emphaty (empati) (X4),
secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan bila variabel lain tetap nilainya.
Variabel Tangibles secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan bila variabel lain tetap
nilainya. Variabel Assurance (jaminan) (X3) merupakan variabel bebas yang dominan mempengaruhi variabel terikat
yaitu kepuasan pelanggan.