PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP VOLUME PENJUALAN

Manajemen pemasaran

Authors

  • Neneng Yanti Andriani STIE PASIM SUKABUMI

Keywords:

Atribut Produk, Volume Penjualan

Abstract

Perusahaan yang berorienasi kepada pembeli harus memadukan keputusan-keputusan pemasarannya dengan fungsi perusahaan yang lain. Promosi merupakan salah satu cakupan bauran pemasaran yang penting dalam memasarkan barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan sehingga dapat membantu menaikan dan meningkatkan volume penjualan. Dasar permasalahan yang menarik dalam penelitian ini bahwa tidak tercapainya target penjualan bahkan perkembangan realisasi penjualan terjadi secara fluktuatif selama 2011 – 2018. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh atribut produk terhadap volume penjualan pada PT.Alfamart cabang Sukaraja Sukabumi. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan deskriptif dan metode assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang menjadi pelanggan PT. Alfamart cabang Sukaraja Sukabumi dari tahun 2011 – 2018 sebanyak 645 orang, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan Rumus Slovin, sehingga diperoleh sampel sebanyak 87 orang .Untuk analisis statistic dan analisis hubungan digunakan korelasi pearsonproduct moment, koefisien determinasi, regresi linear sederhana dan untuk menguji hipotesis digunakan uji. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa brand equity sangat berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk. Dengan membandingkan thitung dengan ttabel (9,974< 1,988), artinya H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga hipotesis peneliti yang diajukan dalam penelitian ini terbukti bahwa atribut produk berpengaruh terhadap volume penjualan. Besarnya konstribusi pengaruh atribut produk terhadap volume penjualan sebesar 94,2%, sedangkan sisanya sebesar 4,8% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti diluar atribut produk diantaranya bauran pemasaran, strategi pemasaran, persepsi pelanggan, kualitas pelayanan, ekuitas produk dan store atmosphere.

Issue

Section

Articles