PENGARUH PELAYANAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI KOPERASI ARTHA MUTIARA KABUPATEN SUKABUMI

Manajemen Pemasaran

Authors

  • H. Dadang Suparman STIE PASIM SUKABUMI

Keywords:

PELAYANAN, KEPUASAN, LOYALITAS NASABAH

Abstract

Koperasi simpan pinjam merupakan suatu lembaga keuangan bukan bank yang berfungsi memberikan pelayanan masyarakat, berupa pinjaman dan tempat penyimpanan uang bagi masyarakat. Perilaku dalam diri seorang pelanggan yang puas akan memunculkan sifat loyal akan menunjukkan kesamaan pada empat sifat, yaitu pembelian secara berulang, pembelian produk dari perusahaan yang sama, anjuran kepada orang lain untuk menggunakan produk yang sama, serta kecendrungan mengabaikan produk kompetitor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah di Koperasi Artha Mutiara Cibadak Kab. Sukabumi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data diambil dari responden dan dari dokumentasi perusahaan. Jenis data dalam penelitian ini adalah primer dan sekunder, data primer diambil dengan kuesioner sedangkan sekunder diambil dari dokumentasi. Populasi sebanyak 386 dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 196 responden yang cara pengambilannya dilakukan dengan teknik simple random sampling. Penelitian ini akan dilakukan pada bulan Juli sampai Agustus di Koperasi Artha Mutiara Cibadak Kab. Sukabumi. Uji analisis menggunakan uji F untuk mengetahui pengaruh simultan, uji t untuk mengetahui pengaruh parsial dan perbandingan nilai beta untuk mengetahui pengaruh dominan. Berdasarkan analisis perhitungan regresi linear berganda terdapat pengaruh simultan variabel layanan dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah Koperasi Artha Mutiara Cibadak Kab. Sukabumi. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas nasabah Koperasi Artha Mutiara Cibadak Kab. Sukabumi (Y). Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel kepuasan berpengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas nasabah Koperasi Artha Mutiara Cibadak Kab. Sukabumi (Y). Dari hasil analisis regresi linier berganda diketahui bahwa variabel bebas evaluasi kepuasan merupakan variabel bebas yang dominan mempengaruhi variabel terikat yaitu loyalitas nasabah Koperasi Artha Mutiara Cibadak Kab. Sukabumi. Kata Kunci : Pelayanan, Kepuasan Loyalitas Nasabah

Issue

Section

Articles